Selasa, 29 April 2014

Makna Kurikulum

Edit Posted by with No comments
MAKNA KURIKULUM MENURUT PARA AHLI BERDASARKAN KLASIFIKASINYA
            Dalam dunia pendidikan, masalah kurikulum menjadi sesuatu yang muthlak diperlukan.Sebagai seorang guru secara tidak langsung dituntut untuk dapat memahami arti kurikulum dan hakikatnya serta dibutuhkan pemahaman tentang kurikulum itu sendiri. Secara sempit kurikulum dapat diartikan sebagai suatu pedoman yang digunakan dalam pelaksanaan pembelajaran untuk mencapai suatu tujuan tertentu. Sedangkan secara menengah kurikulum lebih menekankan pada hasil pembelajaran yang berupa pengalaman belajar. Adapun kurikulum yang dikaitkan dengan pengalaman hidup ini digolongkan sebagai definisi kurikulum secara luas.Pengertian dasar ini dapat digunakan sebagai parameter dalam nenentukan cakupan pengertian kurikulum menurut para ahli.Dari definisi-definisi yang diungkapkan olah para ahli tersebut, para calon guru dalam memahami pengertian kurikulum secara komprehensif dan mendalam. Berikut adalah pengertian kurikulum dari beberapa ahli beserta klasifikasi berdasakan cakupannya:

A.    Makna Kurikulum secara Sempit

1.      George A. Beauchamp
Kurikulum adalah dokumen tertulis yang mengandung isi mata pelajaran yang diajar kepada peserta didik melalui berbagai mata pelajaran, pilihan disiplin ilmu, rumusan masalah dalam kehidupan sehari-hari.SEMPIT
2.      UU RI No 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidika NasionalPasal 1 ayat 19
Kurikulum adalah seperangkat rencana dan pengaturan mengenai tujuan, isi, tambahan pelajaran serta cara yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu. SEMPIT
3.      Hilda Taba dalam bukunya “Curriculum Development Theory and Practice” pada tahun 1962
Kurikulum sebagai a plan for learning, yakni sesuatu yang direncanakan untuk dipelajari oleh siswa. Sempit
4.      Prof.Dr. Henry Guntu Tarigan
Kurikulum adalah suatu formulasi pedagogis yang termasuk paling penting dalam konteks PBM.SEMPIT
5.      Dr. H.Larry Winecoff
      Kurikulum secara umum didefinisikan sebagai rencana yang dikembangkan untuk memfasilitasi proses belajar mengajar di bawah arahan dan bimbingan dari sekolah, perguruan tinggi atau universitas dan anggota staf nya. SEMPIT
6.      UU No. 20 Tahun 2003  (sempit)
 Kurikulum adalah seperangkat rencana dan pengaturan mengenai tujuan, isi, dan bahan pelajaran serta cara yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan nasional. SEMPIT
7.      Keputusan Menteri Kesehatan Nomor: 725/Menkes/SK/V/2003 tentang Pedoman Penyelenggaraan Pelatihan di bidang Kesehatan
Kurikulum adalah seperangkat rencana dan pengaturan mengenai isi dan bahan pembelajaran serta metode yang  digunakan sebagai pedoman menyelenggarakan  kegiatan pembelajaran. SEMPIT
8.      David Praff
Kurikulum adalah seperangkat organisasi pendidikan formal atau pusat-pusat pelatihan. SEMPIT
9.      Dalam kamus Webster
Kurikulum diartikan sejumlah mata pelajaran di sekolah atau mata kuliah di perguruan tinggi yang harus di tempatkan untuk mencapai suatu ijasah.SEMPIT
10.  Robert Zaiz (1976) 
Berpendapat curriculum is a resouese of subject matters to be mastered. dimaksudkan   kurikulum adalah serangkaian mata pelajaran yang harus dikuasai.  SEMPIT
11.  Nasution
Kurikulum adalah suatu rencana yang disusun untuk melancarkan proses belajar mengajar di bawah bimbingan dan tanggung jawab sekolah atau lembaga pendidikan beserta staf pengajarnya. SEMPIT
12.  Al-Syaibany
Apabila pengertian manhaj atau kurikulum dikaitkan dengan pendidikan, maka berarti jalan terang yang dilalui pendidik atau guru latih dengan orang-orang yang dididik atau dilatihnya untuk mengembangkan pengetahuan, keterampilan dan sikap mereka.SEMPIT
13.  Zais
      Kurikulum adalah dokumen tertulis yang berisikan berbagai komponen sebagai dasar bagi guru untuk mengembangkan kurikulum guru.SEMPIT
14.  Unruh
      Kurikulum didefinisikan sebagai rencana untuk mencapai hasil pembelajaran yang diinginkan: rencana berkaitan dengan tujuan, dengan apa yang harus dipelajari, dan dengan hasil instruksi.SEMPIT
15.  Soedijarto
Kurikulum merupakan segala pengalaman dan kegiatan belajar yang direncanakan dan diorganisiasi untuk diatasi oleh para siswa/mahasiswa untuk mencapai tujuan pendidikan yang telah ditetapkan bagi suatu lembaga pendidikan.SEMPIT
16.  MacDonald; Popham
Kurikulum adalah pernyataan mengenai tujuan.SEMPIT
17.  Menurut Schiro (1978)
Kurikulum sebagai proses pengembangan anak didik yang diharapkan terjadi dan digunakan dalam perencanaannya. SEMPIT
18.  Mohd Daud (1995)
Kurikulum ialah unsur budaya atau ilmu pengetahuan untuk memandu guru mengajar kumpulan murid tertentu.SEMPIT
19.  Roebert M. Hutchin
Yang dimaksud dengan kurikulum yaitu sejumlah dari mata pelajaran atau ilmu pengetahuan yang harus ditempuh, dijalani, dipelajari dan dikuasai oleh para peserta didik untuk mencapai suatu tingkat tertentu atau untuk mendapatkan Ijazah atau untuk mencapai tujuan pembelajaran tersebut.SEMPIT
20.  Good V. Carter
Kurikulum adalah kelompok pengajaran yang sistematik atau urutan subjek yang dipersyaratkan untuk lulus atau sertifikasi dalam pelajaran mayor, misalnya kurikulum pelajaran sosial, kurikulum pendidikan fisika. SEMPIT
21.  Juliper Simanjuntak, M.Pd
Kurikulum adalah sesuatu yang direncanakan sebagai pegangan guna mencapai tujuan pendidikan.SEMPIT
22.  William B. Ragan
(Modern Elementary Curriculum) menyatakan bahwa: “The curriculum has meant the subject taught in school, or course of study”dapat diartikan bahwa “Kurikulum adalah sejumlah pelajaran yang harus ditempuh oleh siswa untuk kenaikan kelas atau ijazah.” SEMPIT

B.     Makna Kurikulum secara Menengah

23.    Donald E. Orlasky, Othanel Smith dan Peter F. Olivva
Kurikulum pada dasarnya adalah sebuah perencanaan atau program pengalaman siswa yang diarahkan sekolah. MENENGAH
24.  Ronald. C. Doll (1974)
The commonly accepted definition of the curriculum has changed from content of study and list of subject and courses to all the experience which are offered to learnes unders the auspises or direction of the school. (sumber : m.kompasiana.com/post/edukasi/2009/12/16/134-pengertian-kurikulum-lengkap)
MENENGAH
25.  Jhonson (1967)
Curriculum is a structured series of itended learning out comes(sumber : m.kompasiana.com/post/edukasi/2009/12/16/134-pengertian-kurikulum-lengkap)
MENENGAH
26.  Robert S. Flaming
Kurikulum pada sekolah modern dapat didefinisikan sebagai seluruh pengalaman belajar anak yang menjadi tanggung jawab sekolah. MENENGAH
27.  Nengly dan Evaras
Kurikulum adalah semua pengalaman yang direncanakan yang dilakukan oleh sekolah untuk menolong para siswa dalam mencapai hasil belajar kepada kemampuan siswa yang paling baik. MENENGAH
28.  Inlow
Kurikulum adalah usaha menyeluruh yang dirancang oleh pihak sekolah untuk membimbing murid memperoleh hasil pembelajaran yang sudah ditentukan. MENENGAH


29.  Grayson
Kurikulum adalah suatu perencanaan untuk mendapatkan keluaran (out- comes) yang diharapkan dari suatu pembelajaran. MENENGAH
30.  Harsono (2005)
Kurikulum merupakan gagasan pendidikan yang diekpresikan dalam praktik.MENENGAH
31.  Badan Standardisasi Nasional SNI 19-7057-2004 tentangKurikulum pelatihan hiperkes dan keselamatankerja bagi dokter perusahaan
Kurikulum adalah serangkaian mata ajar dan pengalaman belajar yang mempunyai tujuan tertentu, yang diajarkan dengan cara tertentu dan kemudian dilakukan evaluasi. MENENGAH
32.   Frank Bobbit (1918)
Kurikulum dapat diartikan keseluruhan pengalaman, yang tak terarah dan terarah, tertumpu kepada perkembangan kebolehan individu atau satu sisi latihan pengalaman langsung secara sdar digunakan oleh sekolah utuk melengkapi dan menyempurnakan pendedahannya. (sumber: destalyana.blogspot.com/2007/09/beberapa-pengertian-kurikulum.html)
MENENGAH

33.  John Dewey
Kurikulum merupakan suatu rekonstruksi berkelanjutan (dari masa lampau hingga masa kini) yang memaparkan pengalaman belajar anak didik melalui suatu susunan pengetahuan yang terorganisir dengan baik yang biasanya disebut kurikulum. MENENGAH
34.  J.Wiles dan J.Bondi (1989)
Kurikulum ialah seperangkat nilai-nilai, yang digerakkan melalui suatu pengembangan proses kulminasi dalam pengalaman-pengalaman di kelas untuk murid-murid. MENENGAH
35.  Marsh
Kurikulum merupakan seperangkat rencana yang saling terkait dan pengalaman yang didapatkan siswa di bawah bimbingan sekolah.MENENGAH
36.  Murray Print
Kurikulum didefinisikan sebagai semua ruang pembelajaran terencana yang diberikan kepada siswa oleh lembaga pendidikan dan pengalaman yang dinikmati oleh siswa saat kurikulum itu terapkan.MENENGAH
37.  Ralph Tyler (1957)
Kurikulum adalah seluruh pengalaman belajar yang direncanakan dan diarahkan oleh sekolah untuk mencapai tujuan pendidikannya.MENENGAH
38.  James Popham dan Eva Baker (1970)
Kurikulum adalah seluruh hasil belajar yang direncanakan dan merupakan tanggung jawab sekolah.yang diharapkan terjadi dan digunakan dalam perencanaan pengajaran. MENENGAH
39.  Zakiah Daradjat
Kurikulum merupakan semua kegiatan yang disediakan untuk dipelajari oleh sekolah.Istilah kurikulum mencakup semua pengalaman anak-anak yang menjadi tanggung jawab sekolah. MENENGAH


C.    Makna Kurikulum secara Luas

40.  J. Galen Saylor dan William M. Alexander dalam buku Curriculum Planning for Better Teaching on Learning (1956)
The curriculum is the sum total of schools efforts to influence learning, wheter in class room, on the playground, or out of school.Kurikulum adalah upaya total dari sekolah untuk mempengaruhi belajar siswa, baik di ruang kelas, di tempat bermain, atau di lingkungan luar sekolah. LUAS
41.  Alice Miel dalam buku changing the curriculum: a social process (1946)
kurikulum juga meliputi keadaan gedung, suasana sekolah, keinginan, keyakinan, pengetahuan dan sikap orang orang melayani dan dilayani sekolah, yakni anak didik, masyarakat, para pendidik dan personalia (termasuk penjaga sekolah, pegawai administrasi, dan orang orang lainya yang ada hubungannya dengan murid-murid)  (S. Nasution 2008 : 5) 
LUAS
42.  J  Liyord Trump dan Delmes F millers dalam buku Secondary School Improvement (1973)
Kurikulum juga termasuk metode mengajar dan belajar, cara mengevaluasi murid dan seluruh program, perubahan tenaga mengajar, bimbingan dan penyuluhan, supervisi dan adminstratif dan hal hal setruktural yang mengenai waktu, jumlah ruang serta kemungkinan memilih mata pelajaran. Ketiga aspek pokok, program, manusia dan fasilitas sangat erat hubungannya.
LUAS




43.  William B ragam dalam buku Moderen Elemntery Curiculum (1966)
menjelaskan artio kurikulum sebagai berikut “ The tendency in recent decades has been to use the term in broder sense to the whole life and program of the school, the term is used.” Kurikulum meliputi seluruh program dan kehidupan dalam sekolah, yakni segala pengalaman anak dibawah tanggung jawab sekolah. Kurikulum tidak hanya meliputi bahan pelajaran tetapi meliputi seluruh kehidupan dalam kelas, jadi hubungan sosial antara guru dan murid, metode mengajar cara mengevaluasi termasuk kurikulum. LUAS
44.  Drs. Cece Wijaya
Kurikulum dalam arti luas yaitu meliputi seluruh program dan kehidupan dalam sekolah. LUAS
45.  Harold B. Albertycs
Kurikulum sebagai kegiatan yang disajikan oleh sekolah bagi para pelajar.Tidak ada pembatasan antara kegiatan didalam kelas dan diluar kelas.LUAS
46.  B. Othanel smith, W. O. Stanley dan J. Harlan Shores
Kurikulum sebagai urutan pengalaman potensial yang berada di sekolah untuk tujuan mendisiplinkan anak-anak dan remaja dengan cara-cara kelompok berpikir dan bertindak. LUAS
47.  Donald E. Orlasky, Othanel Smith (1978) dan Peter F. Olivva (1982)
kurikulum pada dasarnya adalah sebuah perencanaan atau program pengalaman siswa yang diarahkan sekolah. LUAS
48.  Valiga, T & Magel, C
Kurikulum adalah urutan pengalaman yang ditetapkan oleh sekolah untuk mendisiplinkan cara berfikir dan bertindak. LUAS
49.  Hollis L. Caswell and Doak S. Campbell
Kurikulum adalah seluruh pengalaman siswa di bawah bimbingan guru.
LUAS
50.  Akta Pendidikan 1996 [Peraturan-peraturan (Kurikulum Kebangsaan) Pendidikan 1997]
Kurikulum yaitu suatu program pendidikan yang termasuk kurikulum dan kegiatan kurikulum yang merangkumi semua pengetahuan, kemahiran, norma, nilai, unsur kebudayaan dan kepercayaan untuk membantu perkembangan seseorang murid dengan sepenuhnya dari segi jasmani, rohani, mental dan emosi serta untuk menanam dan mempertingkatkan nilai moral yang diingini dan untuk menyampaikan pengetahuan.
LUAS
51.  Frank Bobbit
Kurikulum dapat diartikan keseluruhan pengalaman, yang tak terarah dan terarah, tertumpu kepada perkembangan kemampuan individu atau satu ciri latihan pengalaman langsung secara sadar digunakan oleh sekolah untuk melengkapi dan menyempurnakan pendedahannya.Konsep beliau menekankan kepada pemupukan perkembangan individu melalui segala pengalaman termasuk pengalaman yang dirancangkan oleh sekolah. LUAS




52.  Oliva
      Kurikulum itu sendiri adalah membangun atau konsep, sebuah verbalisasi ide yang sangat kompleks atau serangkaian ide.LUAS
53.  Kerr, J. F
Kurikulum adalah semua pembelajaran yang dirancang dan dilaksanakan secara individu ataupun secara kelompok, baik di sekolah maupun di luar sekolah.LUAS
54.  Romine
Kurikulum ditafsirkan berarti semua program, kegiatan dan pengalaman  yang diselenggarakan di bawah arahan sekolah, baik di kelas atau di luar sekolah. LUAS
55.  Neagley dan Evans (1967)
kurikulum adalah semua pengalaman yang dirancang dan dikemukakan oleh pihak sekolah. LUAS
56.  Purwadi (2003)
Memilah pengertian kurikulum menjadi enam bagian :
(1) kurikulum sebagai ide. LUAS
(2) kurikulum formal berupa dokumen yang dijadikan sebagai pedoman dan panduan dalam melaksanakan kurikulum. SEMPIT
(3) kurikulum menurut persepsi pengajar.SEMPIT
(4) kurikulum operasional yang dilaksanakan atau dioprasionalkan oleh pengajar di kelas.SEMPIT
(5) kurikulum experience yakni kurikulum yang dialami oleh peserta didik. MENENGAH
(6) kurikulum yang diperoleh dari penerapan kurikulum. SEMPIT
57.  B. Bara, Ch (2008)
Kurikulum yakni bahwa konsep kurikulum dapat diklasifikasikan ke dalam empat jenis pengertian yang meliputi:
(1) kurikulum sebagai produk.LUAS
(2) kurikulum sebagai program.SEMPIT
(3) kurikulum sebagai hasil yang diinginkan.LUAS
(4) kurikulum sebagai pengalaman belajar bagi peserta didik. MENENGAH
58.  Danniel Tanner and Laurel N. Tanner dalam Oliva, 1991
Kurikulum adalah rekonstruksi dari pengetahuan dan pengalaman secara sistematik yang dikembangkan sekolah (atau perguruan tinggi), agar dapat pebelajar meningkatkan pengetahuan dan pengalamannnya.LUAS
59.  Dr. Addamardasyi dan Dr. Munir Kamil
Kurikulum adalah sejumlah pengalaman pendidikan kebudayaan, sosial, olahraga, dan kesenian yang disediakan oleh sekolah bagi murid-murid di dalam dan di luar sekolah dengan maksud menolongnya untuk berkembang menyeluruh dalam segala segi dan merubah tingkah laku mereka sesuai dengan tujuan-tujuan pendidikan.LUAS
60.  Harold Rugg (1927)
Mengartikan kurikulum sebagai suatu rangkaian pengalaman yang memiliki kemanfaatan maksimum bagi anak didik dalam mengembangkan kemampuannya agar dapat menyesuaikan dan menghadapi berbagai situasi kehidupan.LUAS
61.  Ornstein dan Hankins (1993)
Kurikulum didefinisikan sebagai satu plan atau rancangan untuk tindakan atau satu dokumen bertulis yang mengandungi strategi untuk mencapai matlamat yang dihajati. LUAS



0 komentar:

Posting Komentar