MAKNA KURIKULUM MENURUT PARA AHLI BERDASARKAN
KLASIFIKASINYA
Dalam dunia
pendidikan, masalah kurikulum menjadi sesuatu yang muthlak diperlukan.Sebagai
seorang guru secara tidak langsung dituntut untuk dapat memahami arti kurikulum
dan hakikatnya serta dibutuhkan pemahaman tentang kurikulum itu sendiri. Secara sempit
kurikulum dapat diartikan sebagai suatu pedoman yang digunakan dalam
pelaksanaan pembelajaran untuk mencapai
suatu tujuan tertentu. Sedangkan secara menengah kurikulum lebih menekankan pada hasil
pembelajaran yang berupa pengalaman belajar. Adapun
kurikulum yang dikaitkan dengan pengalaman hidup ini digolongkan sebagai
definisi kurikulum secara luas.Pengertian dasar ini dapat digunakan sebagai
parameter dalam nenentukan cakupan pengertian kurikulum menurut para ahli.Dari
definisi-definisi yang diungkapkan olah para ahli tersebut, para calon guru
dalam memahami pengertian kurikulum secara komprehensif dan mendalam. Berikut adalah
pengertian kurikulum dari beberapa ahli beserta klasifikasi berdasakan cakupannya:
A.
Makna Kurikulum
secara Sempit
1. George A. Beauchamp
Kurikulum adalah
dokumen tertulis yang mengandung isi mata pelajaran yang diajar kepada
peserta didik melalui berbagai mata pelajaran, pilihan disiplin ilmu, rumusan
masalah dalam kehidupan sehari-hari.SEMPIT
2. UU RI No 20 Tahun 2003 tentang Sistem
Pendidika NasionalPasal 1 ayat 19
Kurikulum adalah seperangkat rencana dan
pengaturan mengenai tujuan, isi, tambahan pelajaran serta cara yang digunakan
sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan
pendidikan tertentu. SEMPIT
3. Hilda Taba dalam bukunya “Curriculum Development Theory and Practice” pada tahun 1962
Kurikulum
sebagai a plan for learning, yakni sesuatu yang direncanakan untuk
dipelajari oleh siswa. Sempit
4. Prof.Dr. Henry Guntu Tarigan
Kurikulum adalah suatu formulasi
pedagogis yang termasuk paling penting dalam konteks PBM.SEMPIT
5. Dr. H.Larry Winecoff
Kurikulum
secara umum didefinisikan sebagai rencana yang dikembangkan untuk
memfasilitasi proses belajar mengajar di bawah arahan dan bimbingan dari
sekolah, perguruan tinggi atau universitas dan anggota staf nya. SEMPIT
6.
UU No. 20 Tahun 2003 (sempit)
Kurikulum adalah seperangkat
rencana dan pengaturan mengenai tujuan, isi, dan bahan pelajaran serta cara
yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran
untuk mencapai tujuan pendidikan nasional. SEMPIT
7. Keputusan Menteri Kesehatan Nomor:
725/Menkes/SK/V/2003 tentang Pedoman Penyelenggaraan Pelatihan di bidang
Kesehatan
Kurikulum adalah seperangkat rencana dan
pengaturan mengenai isi dan bahan pembelajaran serta metode yang
digunakan sebagai pedoman menyelenggarakan kegiatan pembelajaran. SEMPIT
8. David Praff
Kurikulum adalah seperangkat
organisasi pendidikan formal atau pusat-pusat pelatihan. SEMPIT
9. Dalam kamus Webster
Kurikulum diartikan sejumlah mata
pelajaran di sekolah atau mata kuliah di perguruan tinggi yang harus di
tempatkan untuk mencapai suatu ijasah.SEMPIT
10. Robert Zaiz (1976)
Berpendapat curriculum is a resouese
of subject matters to be mastered. dimaksudkan kurikulum adalah serangkaian mata pelajaran yang
harus dikuasai. SEMPIT
11. Nasution
Kurikulum adalah suatu rencana yang
disusun untuk melancarkan proses belajar mengajar di bawah bimbingan dan
tanggung jawab sekolah atau lembaga pendidikan beserta staf pengajarnya. SEMPIT
12. Al-Syaibany
Apabila pengertian manhaj atau kurikulum
dikaitkan dengan pendidikan, maka berarti jalan terang yang dilalui pendidik
atau guru latih dengan orang-orang yang dididik atau dilatihnya untuk
mengembangkan pengetahuan, keterampilan dan sikap mereka.SEMPIT
13. Zais
Kurikulum
adalah dokumen tertulis yang berisikan berbagai komponen sebagai dasar bagi
guru untuk mengembangkan kurikulum guru.SEMPIT
14. Unruh
Kurikulum didefinisikan sebagai rencana untuk
mencapai hasil pembelajaran yang diinginkan: rencana berkaitan dengan
tujuan, dengan apa yang harus dipelajari, dan dengan hasil instruksi.SEMPIT
15. Soedijarto
Kurikulum
merupakan segala pengalaman dan kegiatan belajar yang direncanakan dan
diorganisiasi untuk diatasi oleh para siswa/mahasiswa untuk mencapai tujuan
pendidikan yang telah ditetapkan bagi suatu lembaga pendidikan.SEMPIT
16. MacDonald; Popham
Kurikulum
adalah pernyataan mengenai tujuan.SEMPIT
17. Menurut
Schiro (1978)
Kurikulum
sebagai proses pengembangan anak didik yang diharapkan terjadi dan
digunakan dalam perencanaannya. SEMPIT
18. Mohd Daud (1995)
Kurikulum ialah unsur budaya atau
ilmu pengetahuan untuk memandu guru mengajar kumpulan murid tertentu.SEMPIT
19. Roebert M. Hutchin
Yang dimaksud dengan kurikulum yaitu sejumlah dari mata
pelajaran atau ilmu pengetahuan yang harus ditempuh, dijalani,
dipelajari dan dikuasai oleh para peserta didik untuk mencapai suatu tingkat
tertentu atau untuk mendapatkan Ijazah atau untuk mencapai tujuan
pembelajaran tersebut.SEMPIT
20. Good V. Carter
Kurikulum
adalah kelompok pengajaran yang sistematik atau urutan subjek yang
dipersyaratkan untuk lulus atau sertifikasi dalam pelajaran mayor,
misalnya kurikulum pelajaran sosial, kurikulum pendidikan fisika. SEMPIT
21. Juliper Simanjuntak, M.Pd
Kurikulum
adalah sesuatu yang direncanakan sebagai pegangan guna mencapai tujuan
pendidikan.SEMPIT
22.
William B. Ragan
(Modern Elementary Curriculum) menyatakan bahwa: “The curriculum has meant the
subject taught in school, or course of study”dapat diartikan bahwa
“Kurikulum adalah sejumlah pelajaran yang harus ditempuh oleh siswa untuk
kenaikan kelas atau ijazah.” SEMPIT
B.
Makna
Kurikulum secara Menengah
23. Donald E. Orlasky, Othanel Smith
dan Peter F. Olivva
Kurikulum pada dasarnya
adalah sebuah perencanaan atau program pengalaman siswa yang diarahkan
sekolah. MENENGAH
24. Ronald. C. Doll (1974)
The commonly accepted definition of the curriculum has
changed from content of study and list of subject and courses to all the
experience which are offered to learnes unders the auspises or direction of the
school. (sumber : m.kompasiana.com/post/edukasi/2009/12/16/134-pengertian-kurikulum-lengkap)
MENENGAH
25. Jhonson (1967)
Curriculum is a structured series of
itended learning out comes. (sumber :
m.kompasiana.com/post/edukasi/2009/12/16/134-pengertian-kurikulum-lengkap)
MENENGAH
26. Robert S. Flaming
Kurikulum pada sekolah modern dapat
didefinisikan sebagai seluruh pengalaman belajar anak yang menjadi
tanggung jawab sekolah. MENENGAH
27. Nengly dan Evaras
Kurikulum adalah semua pengalaman yang
direncanakan yang dilakukan oleh sekolah untuk menolong para siswa dalam
mencapai hasil belajar kepada kemampuan siswa yang paling baik. MENENGAH
28. Inlow
Kurikulum adalah
usaha menyeluruh yang dirancang oleh pihak sekolah untuk membimbing murid
memperoleh hasil pembelajaran yang sudah ditentukan. MENENGAH
29. Grayson
Kurikulum adalah suatu perencanaan untuk
mendapatkan keluaran (out- comes) yang diharapkan dari suatu
pembelajaran. MENENGAH
30. Harsono (2005)
Kurikulum
merupakan gagasan pendidikan yang diekpresikan dalam praktik.MENENGAH
31. Badan Standardisasi
Nasional SNI 19-7057-2004 tentangKurikulum pelatihan hiperkes dan
keselamatankerja bagi dokter perusahaan
Kurikulum adalah serangkaian mata ajar
dan pengalaman belajar yang mempunyai tujuan tertentu, yang diajarkan dengan
cara tertentu dan kemudian dilakukan evaluasi. MENENGAH
32.
Frank Bobbit (1918)
Kurikulum dapat
diartikan keseluruhan pengalaman, yang tak terarah dan terarah, tertumpu kepada
perkembangan kebolehan individu atau satu sisi latihan pengalaman langsung
secara sdar digunakan oleh sekolah utuk melengkapi dan menyempurnakan
pendedahannya. (sumber:
destalyana.blogspot.com/2007/09/beberapa-pengertian-kurikulum.html)
MENENGAH
33. John
Dewey
Kurikulum merupakan suatu rekonstruksi berkelanjutan
(dari masa lampau hingga masa kini) yang memaparkan pengalaman belajar anak
didik melalui suatu susunan pengetahuan yang terorganisir dengan baik yang
biasanya disebut kurikulum. MENENGAH
34. J.Wiles dan J.Bondi (1989)
Kurikulum ialah seperangkat nilai-nilai,
yang digerakkan melalui suatu pengembangan proses kulminasi dalam pengalaman-pengalaman
di kelas untuk murid-murid. MENENGAH
35. Marsh
Kurikulum merupakan seperangkat rencana
yang saling terkait dan pengalaman yang didapatkan siswa di bawah bimbingan
sekolah.MENENGAH
36. Murray Print
Kurikulum didefinisikan sebagai semua ruang pembelajaran
terencana yang diberikan kepada siswa oleh lembaga pendidikan dan pengalaman
yang dinikmati oleh siswa saat kurikulum itu terapkan.MENENGAH
37. Ralph Tyler (1957)
Kurikulum adalah
seluruh pengalaman belajar yang direncanakan dan diarahkan oleh sekolah untuk
mencapai tujuan pendidikannya.MENENGAH
38. James Popham dan Eva Baker (1970)
Kurikulum adalah
seluruh hasil belajar yang direncanakan dan merupakan tanggung jawab
sekolah.yang diharapkan terjadi dan digunakan dalam perencanaan pengajaran. MENENGAH
39. Zakiah Daradjat
Kurikulum
merupakan semua kegiatan yang disediakan untuk dipelajari oleh sekolah.Istilah
kurikulum mencakup semua pengalaman anak-anak yang menjadi tanggung jawab sekolah. MENENGAH
C.
Makna
Kurikulum secara Luas
40. J. Galen Saylor dan William M.
Alexander dalam buku Curriculum Planning for Better Teaching on Learning (1956)
The curriculum
is the sum total of schools efforts to influence learning, wheter in class
room, on the playground, or out of school.Kurikulum adalah upaya total dari
sekolah untuk mempengaruhi belajar siswa, baik di ruang kelas, di tempat
bermain, atau di lingkungan luar sekolah. LUAS
41. Alice Miel dalam buku changing the curriculum:
a social process (1946)
kurikulum juga meliputi keadaan gedung, suasana sekolah, keinginan,
keyakinan, pengetahuan dan sikap orang orang melayani dan dilayani sekolah,
yakni anak didik, masyarakat, para pendidik dan personalia (termasuk penjaga
sekolah, pegawai administrasi, dan orang orang lainya yang ada hubungannya
dengan murid-murid) (S. Nasution 2008 : 5)
LUAS
42. J Liyord Trump dan Delmes F millers dalam buku Secondary School
Improvement (1973)
Kurikulum
juga termasuk metode mengajar dan belajar, cara mengevaluasi murid dan seluruh
program, perubahan tenaga mengajar, bimbingan dan penyuluhan, supervisi dan
adminstratif dan hal hal setruktural yang mengenai waktu, jumlah ruang serta
kemungkinan memilih mata pelajaran. Ketiga aspek pokok, program, manusia dan
fasilitas sangat erat hubungannya.
LUAS
43. William B ragam dalam buku Moderen Elemntery Curiculum (1966)
menjelaskan artio kurikulum sebagai
berikut “ The tendency in recent decades has been to use the term in broder
sense to the whole life and program of the school, the term is used.” Kurikulum
meliputi seluruh program dan kehidupan dalam sekolah, yakni segala pengalaman
anak dibawah tanggung jawab sekolah. Kurikulum tidak hanya meliputi bahan
pelajaran tetapi meliputi seluruh kehidupan dalam kelas, jadi hubungan sosial
antara guru dan murid, metode mengajar cara mengevaluasi termasuk kurikulum. LUAS
44. Drs. Cece Wijaya
Kurikulum dalam arti luas yaitu meliputi
seluruh program dan kehidupan dalam sekolah. LUAS
45. Harold B. Albertycs
Kurikulum sebagai kegiatan yang disajikan oleh sekolah
bagi para pelajar.Tidak ada pembatasan antara kegiatan didalam kelas dan diluar
kelas.LUAS
46. B. Othanel smith, W. O. Stanley dan
J. Harlan Shores
Kurikulum sebagai urutan pengalaman
potensial yang berada di sekolah untuk tujuan mendisiplinkan anak-anak dan
remaja dengan cara-cara kelompok berpikir dan bertindak. LUAS
47. Donald
E. Orlasky, Othanel Smith (1978) dan Peter F. Olivva (1982)
kurikulum
pada dasarnya adalah sebuah perencanaan atau program pengalaman siswa yang
diarahkan sekolah. LUAS
48. Valiga,
T & Magel, C
Kurikulum adalah urutan pengalaman yang
ditetapkan oleh sekolah untuk mendisiplinkan cara berfikir dan bertindak. LUAS
49. Hollis L. Caswell
and Doak S. Campbell
Kurikulum
adalah seluruh pengalaman siswa di bawah bimbingan guru.
LUAS
50. Akta Pendidikan 1996
[Peraturan-peraturan (Kurikulum Kebangsaan) Pendidikan 1997]
Kurikulum
yaitu suatu program pendidikan yang termasuk kurikulum dan kegiatan kurikulum
yang merangkumi semua pengetahuan, kemahiran, norma, nilai, unsur kebudayaan
dan kepercayaan untuk membantu perkembangan seseorang murid dengan sepenuhnya
dari segi jasmani, rohani, mental dan emosi serta untuk menanam dan
mempertingkatkan nilai moral yang diingini dan untuk menyampaikan pengetahuan.
LUAS
51. Frank
Bobbit
Kurikulum dapat diartikan keseluruhan
pengalaman, yang tak terarah dan terarah, tertumpu kepada perkembangan
kemampuan individu atau satu ciri latihan pengalaman langsung secara sadar
digunakan oleh sekolah untuk melengkapi dan menyempurnakan pendedahannya.Konsep
beliau menekankan kepada pemupukan perkembangan individu melalui segala
pengalaman termasuk pengalaman yang dirancangkan oleh sekolah. LUAS
52. Oliva
Kurikulum
itu sendiri adalah membangun atau konsep, sebuah verbalisasi ide yang sangat
kompleks atau serangkaian ide.LUAS
53. Kerr, J. F
Kurikulum adalah semua pembelajaran
yang dirancang dan dilaksanakan secara individu ataupun secara kelompok, baik
di sekolah maupun di luar sekolah.LUAS
54. Romine
Kurikulum
ditafsirkan berarti semua program, kegiatan dan pengalaman yang diselenggarakan di bawah arahan sekolah,
baik di kelas atau di luar sekolah. LUAS
55. Neagley dan Evans (1967)
kurikulum adalah semua pengalaman
yang dirancang dan dikemukakan oleh pihak sekolah. LUAS
56. Purwadi (2003)
Memilah
pengertian kurikulum menjadi enam bagian :
(1)
kurikulum sebagai ide. LUAS
(2)
kurikulum formal berupa dokumen yang dijadikan sebagai pedoman dan panduan
dalam melaksanakan kurikulum. SEMPIT
(3)
kurikulum menurut persepsi pengajar.SEMPIT
(4)
kurikulum operasional yang dilaksanakan atau dioprasionalkan oleh pengajar di
kelas.SEMPIT
(5)
kurikulum experience yakni kurikulum yang dialami oleh peserta didik. MENENGAH
(6)
kurikulum yang diperoleh dari penerapan kurikulum. SEMPIT
57. B. Bara, Ch (2008)
Kurikulum yakni bahwa konsep kurikulum dapat
diklasifikasikan ke dalam empat jenis pengertian yang meliputi:
(1)
kurikulum sebagai produk.LUAS
(2)
kurikulum sebagai program.SEMPIT
(3)
kurikulum sebagai hasil yang diinginkan.LUAS
(4)
kurikulum sebagai pengalaman belajar bagi peserta didik. MENENGAH
58. Danniel Tanner and Laurel N. Tanner
dalam Oliva, 1991
Kurikulum adalah
rekonstruksi dari pengetahuan dan pengalaman secara sistematik yang
dikembangkan sekolah (atau perguruan tinggi), agar dapat pebelajar meningkatkan
pengetahuan dan pengalamannnya.LUAS
59. Dr. Addamardasyi dan Dr. Munir
Kamil
Kurikulum adalah
sejumlah pengalaman pendidikan kebudayaan, sosial, olahraga, dan kesenian yang
disediakan oleh sekolah bagi murid-murid di dalam dan di luar sekolah dengan
maksud menolongnya untuk berkembang menyeluruh dalam segala segi dan merubah
tingkah laku mereka sesuai dengan tujuan-tujuan pendidikan.LUAS
60. Harold
Rugg (1927)
Mengartikan kurikulum sebagai suatu rangkaian pengalaman
yang memiliki kemanfaatan maksimum bagi anak didik dalam mengembangkan
kemampuannya agar dapat menyesuaikan dan menghadapi berbagai situasi kehidupan.LUAS
61. Ornstein dan Hankins (1993)
Kurikulum didefinisikan sebagai
satu plan atau rancangan untuk tindakan atau satu dokumen bertulis yang mengandungi
strategi untuk mencapai matlamat yang dihajati. LUAS
0 komentar:
Posting Komentar