Rabu, 07 Januari 2015

TOKOH

Edit Posted by with No comments

Text Box: BIOGRAFI THEODORE LYMAN, Pencetus Deret Lyman Atom hidrogen

Untitled.png

Theodore Lyman, seorang fisikawan yang lahir pada 23 November 1874  di Boston, Massachusetts. Ayahnya bernama Theodore, dan ibunya Elizabeth Russell. Anak dari keluarga kaya di Massachusetts ini tidak pernah menikah dan menghabiskan hidupnya di rumah megah di jalan Brookline (milik kakeknya). Beliau lulus dari Havard University pada 1897 dengan gelar AB, kemudian lulus dari Havard University dengan gelar AM pada 1899. Pada 1900, beliau lulus dari Havard University dengan menerima gelar Ph.D di bidang ilmu Fisika.

Setelah mendapatkan gelar AM, beliau menjabat berbagai posisi di Havard University. Selama dua tahun beliau menjabat sebagai asisten di bidang fisika di Havard University dari tahun  1899 hingga 1901. Kemudian, beliau menjadi instruktur dalam bidang fisika pada tahun 1902-1907. Selama sepuluh tahun berikutnya, beliau menjabat sebagai asisten profesor fisika tepatnya dari tahun 1907 sampai tahun 1917. Pada tahun 1917, beliau mulai menjadi seorang professor di Havard University dalam bidang ilmu fisika. Namun setelah empat tahun menjabat sebagai profesor, beliau memutuskan untuk berhenti menjadi profesor pada tahun 1921. Namun setelah itu, beliau menjabat sebagai profesor lagi, namun bukan sebagai professor fisika melainkan sebagai profesor Hollis di bidang matematika dan fillosofi alam dari tahun 1921 hingga 1926. Setelah itu, beliau menjadi pensiunan profesor hollis pada bidang matematika dan filosofi alam selama delapan tahun, yakni dari tahun 1926 hingga 1954. Namun kemudian beliau menjabat sebagai direktur Jefferson Physical Laboratory selama 20 tahun. Selain itu beliau juga menjabat sebagai presiden American Physical Society pada 1921-1922 dan pada 1924-1927 beliau menjadi presiden American Academy of Arts and Sciences.
Disertasi Lyman membahas tentang penerapan difraksi cembung untuk mengukur spektrum garis pada sinar uv (suatu daerah dimana cahaya tidak dapat melewati udara) di tahun 1906.
Pada awalnya, spektrum atom hidrogen diukur oleh Johann Jakob Balmer (1825-1898) dan dideskripsikan oleh Rydberg dalam bentuk persamaan matematis. Namun, tidak ada yang dapat mengukur jarak transisi dari orbital P pada kulit ke dua (2P) menuju orbital S di kulit pertama berdasarkan rumus Rydberg. Jarak inilah yang kemudian dikenal sebagai spektrum garis ultraviolet. Lyman adalah orang yang menerima tantangan untuk memecahkan permasalahan ini. Beliau mengukur garis ultraviolet dari 2P-1S melalui beberapa percobaan menggunakan spektrograf yang beliau buat sendiri dengan akurasi dibawah 200nm. Akhirnya, pada tahun 1914 beliau menemukan spektrum garis pada daerah daerah uv untuk atom hydrogen, yang meruapakan dasar pada perkembangan teori kuantum. Selain itu, beliau juga meneliti tentang fenomena kisi difraksi sinar pada daerah uv dengan prisma CaF (yang ditemukan oleh Victor Schaumann), serta meneliti sifat optik berbagai materi pada daerah uv. Pada perang dunia I, beliau meninggalkan penelitiannya dan mengabdi sebagai Teknisi Major U.S. Signal Corps di Prancis. Namun kemudian beliau melanjutkan penelitiannya dengan mempelajari jarak suara dan kilat. Setelah perang dunia beliau merasa tidak dapat melanjutkan penelitiannya lagi dan jatuh sakit. Namun secara administrative, beliau menginfestigasi prinsip deret helium (termasuk garis alfa Lyman yang digunakan astronom untuk mempelajari matahari). Dan pada tahun 1940, beliau berhasil mencapai 10nm jarak dekat antara uv dan sinar X.
Beliau menerima banyak sekali penghargaan atas dedikasinya dalam dalam bidang spektroskopi,. Bahkan sejak beliau mengundurkan diri pada 1947, fasilitas keilmuan fisika berganti nama menjadi Lyman Laboratory of Physics. Beliau menerima medali Rumford dari American Academy of Arts and Sciences dan medali Elliott Cresson dari American Philosophical Society ,Franklin Institute pada 1931. Dan beliau merupakan anggota terhormat Royal Institution di Britania Raya. Theodore Lyman meninggal dunia pada 11 Oktober 1954 di Brookline, Massachusetts.

0 komentar:

Posting Komentar